Jumat, 08 Juni 2018

Tugas 2 Animasi Kelompok

PEMBUATAN ANIMASI 3D “SERANGAN ZOMBIE”
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjA6ZoETCdhPUF9iYsS92vORnPebAxWHJI8xsvNQy04ujXoQhfFTfUsM00kSrsWAQdwQtbM3uokUbdbzDfQx75QU1_aI9VyMWSiT3emPcCr4E0CflFPBQZbt4i_QmIbSSZAzYhxe0ZBzdk/s1600/gundar.png

Novita Leony Amelia         15115143
Nadhifa Azzahra                14115905
Raka Wibawa Putra          15115610
Reza Vahlevi                       15115848
Ridho Anugerah                 15115924
Rillo Bagaskoro                  16115000
Rizqi Syarafi                       16115213
Septian Perdana Putra      16115483
Tifani Aprilia                      16115894
Tizzani Assadia Salsabilla 16115919

3KA04
UNIVERSITAS GUNADARMA
ATA 2017/2018

Abstrak
Animasi adalah film dari hasil pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak. Tujuan penelitian ini untuk membuat sebuah film berjudul Serangan Zombie. Animasi ini menggunakan objek 3 dimensi. Animasi Serangan Zombie dapat disaksikan oleh semua kalangan dan diharapkan menjadi sarana hiburan bagi yang menyaksikannya. 

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang

Animasi merupakan salah satu hiburan yang dapat dikonsumsi untuk semua kalangan, mulai dari anak – anak hingga orang. Animasi adalah film dari hasil pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak. Dalam perkembangannya, animasi dapat dengan mudah untuk disaksikan, dapat melalui siaran televisi, media sosial hingga bioskop kini sudah menayangkan film berupa animasi, baik 2 dimensi mau pun 3 dimensi. Animasi dapat berdampak positif jika terdapat pesan moral di dalamnya.

Animasi yang disaksikan saat ini sudah beragam jenis tema yang diangkat, mulai dari petualangan hingga tema horror pun sudah dapat disaksikan berkat kemudahan akses teknologi saat ini. Dalam pembahasan kali ini, akan dibuat sebuah animasi 3 dimensi yang berjudul “Serangan Zombie” yang menceritakan tentang penyerangan zombie di sebuah kota bawah tanah. Diharapkan animasi ini dapat memberikan hiburan bagi semua kalangan yang menyaksikannya.

1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian diatas, rumusan masalah yang didapat adalah bagaimana teknik pembuatan Animasi “Serangan Zombie”?

1.3    Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk membuat film Animasi Serangan Zombie. Film animasi ini diharapkan dapat menjadi sarana hiburan bagi masyarakat umum.

1.4 Manfaat Penelitian
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat antara lain :
1.      Mengembangkan keterampilan dalam hal pembuatan alur cerita mau pun pembuatan film
2.      Diharapkan film Animasi Serangan Zombie dapat memberikan hiburan yang bersifat menyenangkan.

BAB II
LANDASAN TEORI

2.1 Aplikasi Pembuatan Animasi
Animasi 3D “Serangan Zombie” dibuat dengan menggunakan aplikasi yang akan dijelaskan pada sub bab berikut :

2.1.1 Unreal Engine 4
The Unreal Engine adalah sebuah game engine yang dikembangkan oleh Epic Games, pertama kali dipamerkan pada tahun 1998 first-person shooter permainan Nyata. Meskipun terutama dikembangkan untuk first-person shooters, telah berhasil digunakan dalam berbagai genre lainnya, termasuk siluman, Mmorpg, dan lain Rpg. Dengan kode yang ditulis dalam C++, Unreal Engine memiliki tingkat tinggi portabilitas dan alat yang digunakan oleh banyak pengembang game hari ini.
Pada tanggal 17 agustus 2005, Mark Rein, wakil presiden Epic Games, mengungkapkan bahwa Unreal Engine 4 sudah dalam pengembangan sejak tahun 2003. Sampai pertengahan 2008, pengembangan eksklusif dilakukan oleh Tim Sweeney, CEO dan pendiri Epic Games. mesin menargetkan generasi kedelapan konsol, Pc dan Tegra K1berbasis perangkat yang menjalankan Android yang diumumkan pada bulan januari 2014 di CES.
Pada bulan februari 2012, Mark Rein mengatakan "orang-orang akan terkejut akhir tahun ini ketika mereka melihat Unreal Engine 4". Unreal Engine 4 diresmikan terbatas peserta di 2012 Game Developers Conference, dan video dari mesin yang ditunjukkan oleh artis teknis Alan "Jimat" Willard dirilis ke publik pada tanggal 7 juni 2012 melalui GameTrailers TV. demo Ini diciptakan pada PC dengan triple GeForce GTX 580 (tri SLI) dan dapat dijalankan pada PC dengan GeForce GTX 680.

2.1.2 Radeon Relive
Radeon ReLive merupakan driver yang memiliki fitur yang memungkinkan Anda untuk merekam game favorite maupun aplikasi desktop yang sedang digunakan, adapun beberapa fitur unggulan lainnya yang ada pada Radeon ReLive ini adalah :
1.      Recording : Rekam berbagai aktivitas bermain game serta pekerjaan yang Anda lakukan dengan hasil yang terbaik! Fitur ini sudah dioptimalkan khusus untuk kartu grafis Radeon dan Processor AMD APU sehingga tidak mengganggu performa bermain game atau pekerjaan Anda5.
2.      Streaming : Jadikan kualitas streaming video Anda lebih tinggi dengan dukungan terhadap resolusi QHD / WQHD (2560×1440) secara langsung ke situs ternama seperti Youtube dan Twitch.
3.      Overlay : Bagi Anda yang tak hanya ingin sekedar merekam aktifitas bermain game Anda fitur ini bisa hadirkan informasi tambahan di dalam video yang Anda buat, seperti spesifikasi PC Desktop/Laptop yang digunakan, Camera hingga menampilkan logo di dalam video seperti logo website pun bisa dilakukan.
4.      HotKey dan APP In Toolbar : Untuk memudahkan dalam penggunaan, ReLive telah dilengkapi dengan kombinasi Shorcut tertentu seperti Ctrl+Shift+R untuk merekam aktifitas game serta bagi yang belum terbiasa dengan kombinasi banyak shortcut, dibekali juga Toolbar khusus yang bisa diaktifkan saat bermain game untuk memudahkan dalam merekam game favorit.

2.1.3 Movavi Video Editor 14 Plus

Movavi Video Editor 14.4.1 Full adalah sebuah software yang dapat anda gunakan untuk mengedit video yang anda punya dengan berbagai efek menarik yang sudah disediakan. Anda dapat dengan mudah mengubah video biasa menjadi video yang luar biasa dengan penambahan efek yang sesuai pada video anda tersebut. Dengan menggunakan program Movavi Video Editor Full ini, anda juga dapat dengan mudah memotong bagian video klip yang anda inginkan untuk kemudian digabungkan ke bagian lainnya tanpa kehilangan kualitas dari video itu sendiri.
           
Selain beberapa fitur di atas, Movavi Video Editor Full juga dapat anda gunakan untuk menambahkan teks atau musik pada video anda agar tampak lebih hidup dan menyenangkan. Tampilan antarmuka program Movavi Video Editor Full ini juga cukup simpel dan sederhana, sehingga memudahkan anda untuk memahami semua fungsi yang ada di dalam program Movavi Video Editor Full ini.

2.1.4 ZBrush

Zbrush adalah sebuah alat pahat digital (digital sculpting) yang memadukan modeling 3D/2.5D, texturing, dan painting. ZBrush menggunakan teknologi “pixol” yang menyimpan pencahayaan, warna, material, dan informasi menyeluruh dari seluruh objek pada layar. Perbedaan utama antara ZBrush dengan paket modeling terdahulu terletak pada fungsi sculpting.
ZBrush digunakan sebagai alat sculpting digital untuk menciptakan model dengan resolusi tinggi (hingga jutaan polygon dan secara teori, tidak terbatas) yang digunakan pada film, game, dan animasi. Zbrush menggunakan tingkat resolusi dinamis sehingga pengguna dapat melakukan perubahan secara global atau lokal pada model yang sedang dibuat. ZBrush dikenal mampu untuk melakukan sculpt mulai dari detail tingkat medium sampai tingkat tinggi yang sebelumnya hanya dilukis dalam peta timbul.
2.1.5 Maya 3D
Maya 3D adalah software 3D modeling maupun animasi, khususnya karakter modeling dan animasi. Perangkat lunak grafik komputer 3D dibuat oleh Alias Systems Corporation (Diakuisisi oleh Autodesk, Inc. pada tahun 2006). Maya digunakan dalam industry film animasi atau kartun dan juga untuk permainan video komputer. kelebihan dari program ini adalah proses pembuatan animasi yang relative lebih mudah dibandingkan perangkat 3D lainnya. Oleh karena itu, Maya 3D memang lebih banyak digunakan untuk membuat karakter modeling dan animasinya.

2.1.6 Cinema 4D
Cinema 4D atau biasa di singkat C4D merupakan software 3D animasi dan motion graphic buatan Maxon. Maxon sendiri adalah perusahaan software yang berkedudukan di Jerman.  Seperti halnya dengan software 3D lainnya, tentunya C4D bisa menangani semua pembuatan seperti modeling,lightinganimationtexturingrendering dan lainnya.
Cinema 4D adalah pengembangan pemodelan dari 3D, dimana animasi dan aplikasi render yang di kembangkan oleh Maxon Komputer GmbH di Jerman. Hal ini mampu merubah prosedur dan polygonal atau sub modelingnya, yang mana 4D ini memliki prosedur dan polygonal/ sub modeling, menjiwai,penchayaan,tekstur,pembuatan, dan fitur-fitur umum ditemukan dalam apliasi 3D modeling.

Empat varian saat ini yang tersedia dari Maxon adalah : aplikasi ini CINEMA 4D ‘Prime’, versi ‘Broadcast’ dengan fitur motion grafis tambahan,’Visualisasi’ yang menambahkan fungsi untuk desain arsitektur dan ‘Studio’, yang mencakup semua modul.

Pada tahun 2014 rilis varian 5, ‘Lite’. Yang di kemas dengan Adobe After Effects Creative Cloud 2014, dan bertindak sebagai versi pengantar, dengan banyak fitur yang dipotong. Ini adalah bagian dari kemitaraan baru antara dua perusahaan baru,, Maxon di produksi plug-in yang di sebut C1NEWARE, memungkinkan setiap varian untuk membuat alur kerja yang mulus dengan After Effects. Varian ‘Lite’ tergantung pada After Effect CC, yang membutuhkan aplikasi berjalan yang terakhir untuk dimulai, dan hanya di jual sebagai komponen paket disertakan dengan AE CC 2014 melalui Adobe.

Awalnya, CINEMA 4D dikembangkan untuk computer Amiga di awal 1990-an, dan tiga vesi pertama dari program yang tersedia secara eksklusif untuk platform tersebut. Dengan v4, bagaimanapun, Maxon mulai mengembangkan program untuk computer Windows dan Macintosh juga, mengutip keinginan untuk menjangkau khalayak yang lebih luas dan ketidakstabilan pertumbuhan pasar Amiga berikut kebangkrutan Commodore.

Sampai rilis 11,5, Cinema 4D memiliki pendekatan modular untuk aplikasi, dengan kemampuan untuk memperluas aplikasi inti dengan berbagai modul. Ini berakhir dengan Realease 12, meskipun fungsi modul ini tetap dala, berbagai rasa dari Cinema 4D (Perdana, Broadcast, Visualisasi,Studio)  Modul tua adalah :

1.      Adbanced Render  : Iluminasi global/HDRI, caustic, oklusi ambient dan simulasi langit.
2.      BodyPaint 3D : Lukisan langsung pada UVW Meshes; Sekarang termasuk dalam inti-intinya Cinema 4D, inti/Prime dan produk BodyPaint 3D identik satu-satunya perbedaan antara keduanya adalah splash screen dan atar muka pengguna default.
3.      Dynamics : Untuk simulasi tubuh lembut dan dinamika benda dynamics.
4.      Hair : Mensumulaskan Hair,fur,grass, dan lain-lain.
5.      Mocca : Karakter animasi dan simulasi kain.
6.      MoGraph : Motion Graphics pemodelan procedural dan animasi toolset.
7.      NET Render : Untuk membuat animasi memlalui jaringan TCP / IP di render peternakan.
8.      PyroCluster : modul menjadi terintegrasi dalam modul lanjutan render.
9.      Sketch & Toon : Alat untuk cel shading kartun dan gambar teknis.
10.  Thinking Particles : Disempurnakan system partikel berdasarkan inti.
11.  Xpresso : Tidak dan tidak pernah modul, itu adalah fungsi nti.

Sebagai Release 13, Cinema 4D datang dalam empat Komponen :

1.   Prime : Aplikasi inti.
2.   Broadcast : Menambahkan MoGraph2.
3.   Visualize : Menambahkan Visual Walkthrough, Advanced Render, Sky, Sketch dan Toon, pertukaran data, kamera yang cocok.
4.   Studio : Paket Lengkap





BAB III
PEMBAHASAN DAN HASIL


 3.1 Pembuatan Cerita
Animasi Serangan Zombie menceritakan tentang seseorang yang ingin keluar dari stasiun bawah tanah, namun pada saat keluar sudah banyak zombie yang berkeliaran hingga kota pun sudah dipenuhi dengan zombie.

3.2 Proses Pembuatan
Langkah – langkah pembuatan akan dijelaskan pada sub bab berikut :

3.2.1  Wall, Floor, Roof, Stair Mesh

1.      Pembuatan mesh menggunakan basic object dari unreal engine 4 yaitu "cube"
2.      kemudian scale cube tersebut
3.      masukkan material pada cube teersebut

3.2.2     Wall, Floor, Roof , Stair Material

3.2.2.1 Materal Function Wall

1.      Pembuatan material menggabungkan beberapa texture dan menghubungkannya dengan Material Function yang akan disipan sebagai material
2.      Settingan pada material wall :
a.       Material Domain = Surface 
b.      Blend Mode = Opaque
c.       Shading Model = Default List










3.2.2.2 Material Function Floor dan Roof

Settingan Material Function Floor dan Roof:
1.      +1 array elements = Misc
2.      Primitive Type = TPT Sphere
3.      Orbit Pitch = -35
4.      Orbit Yaw = -180








3.2.2.3 Material Function Stair

1.   Material Domain = Surface
2.   Blend Mode = Opaque
3.   Shading Model  = Clear Coat





3.2.3     Night Scene

    1. Ubah lokasi Light Source menjadi dibawah landscape
    2. Uncheck Color Determined pada Sky Sphere
    3. Ubah Zenith dan Horizon Color menjadi warna hitam
    4. Ubah Cloud Opacity menjadi 0.2









3.2.4 Character Creation
                
1.   Assemble bagian head, torso, leg dan arm.
2.   Setelah melakukan assemble, lakukan perubahan pada karakteristik pada tab customize.
3.   Setelah selesai lakukan export model as obj.




3.2.5     Animated Character

1.      Insert character yang sudah dibuat tadi
2.      Lakukan binding pada karakteer tadi
3.      Adjust movement pada bagian kepala dan juga tangan
4.      Klik add walk button
5.      Setting stride untuk merubah langkah pada karakter
6.      Setting lift
7.      Save dan export

3.2.6  AI Movement

1.      Export karakter beserta skeletal mesh
2.      Insert nav mesh bound volume
3.      Scale sesuai map
4.      Tekan P untuk melihat moveent area yang akan dilakukan ai
5.      Insert nav modifier volume untuk membatasi movement ai pada area tertentu



3.2.7 AI Character Blueprint







3.2.8 Actor Blueprint

1.   Pada bagian viewport tambahkan flash light, dan juga particle system dust
2.   Insert variable bertipe boolean dan beri nama flashlight on dan sprint
3.   Insert variable bertipe float dan beri nama sprint speed dan walk speed
4.   Insert variable tadi dan masukkan pada tab blueprint
5.   lalu gabungkan node - node tersebut










3.2.9 Matinee

1.      Add matinee(legacy)
2.      Add new camera group
3.      Scale waktu yang diinginkan
4.      Ubah posisi bar hitam ke awal matinee, kemudian add key
5.      Ubah posisi bar hitam ke akhir matinee, kemudian add key
6.      Ubah posisi camera actor untuk mendapatkan cutscene
7.      Add new director group
8.      Pilih director group tadi dan tekan Enter
9.      Pilih opsi movement dan ok
10.  Open level blueprint
11.  Insert TriggerBox pada map dan lakukan scale
12.  Sambungkan node pada blueprint





3.2.10 Text Based Actor

1.   Add component billboard
2.   Add sub component textrender
3.   Ubah text dan juga text render color




3.3   Hasil
 
 
BAB IV
PENUTUP

1.1     Kesimpulan dan Saran

4.1.1 Kesimpulan
Berdasarkan hasil uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa Animasi Serangan Zombie dibuat dengan objek 3 dimensi dan Animasi Serangan Zombie dibuat dengan menggunakan aplikasi Unreal Engine 4, Radeon Relive, Movavi Video Editor 14 Plus, Fuse, Zbrush, Maya 3D dan Cinema 4D. Diharapkan dengan animasi ini dapat menghibur yang menyaksikannya.

4.1.2 Saran

Saran untuk pengembangan Animasi Serangan Zombie antara lain :

1.      Untuk pengembangan kedepan ditambahkan alur cerita agar lebih menarik.
2.    Untuk proses edit animasi diperlukan hardware yang mendukung agar tidak terjadi error.

Sumber :

https://www.youtube.com/watch?v=WFI1VBSESe8 (Character Animation Walk Cycle)
https://www.youtube.com/watch?v=mikG9ZuM2gY (Blended Material)
https://www.youtube.com/watch?v=DN6d1nx2yVE (Matinee Tutorial)
www.google.com (random texture)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dasar Dasar Memulai Laravel

Bagi teman-teman yang hobbi programming website tentunya tidak akan canggung dengan nama Laravel. Namun bagi teman-teman yang baru memulai ...