Kamis, 22 Desember 2016

Pemrograman Berbasis Blok



Pemrograman berbasis blok mucul pada akhir dekade 2000-an. Konsep dari pemrograman ini adalah seperti blok yang dipakai anak-anak untuk menyusun berbagai model seperti bangunan dan ada juga yang berbentuk seperti puzzle. Untuk membuat program, dalam pemrograman berbasis blok ini kita tidak menggunakan penulisan kode kode program (koding) seperti pada bahasa pemrograman java, c++, pascal dll, tetapi kita cukup dengan merangkai blok-blok penyusun program yang disediakan oleh masing-masing bahasa pemrograman yang berbasis blok. Dengan hal tersebut tentunya akan memudahkan siapa saja yang ingin belajar membuat program baik anak-anak, remaja, maupun dewasa dan dari berbagai macam latar belakang apapun.
SEJARAH
                Struktur blok dikembangkan pada tahun 1950 dan terdapat 2 jenis ,yaitu Algol 58 dan Algol 60. Algol 58 memperkenalkan konsep dari "pernyataan majemuk", yang terkait semata-mata untuk mengontrol aliran. Revisi Laporan berikutnya yang menggambarkan sintaks dan semantik dari Algol 60 memperkenalkan konsep blok dan blok lingkup.

FUNGSI
                Apa fungsi dari sebuah blok dalam pemrogramman? Fungsi dari blok dalam pemrograman adalah untuk memungkinkan kelompok laporan untuk diperlakukan seolah-olah mereka satu pernyataan, dan untuk mempersempit ruang lingkup leksikal variabel, prosedur dan fungsi dideklarasikan di blok sehingga mereka tidak bertentangan dengan variabel yang memiliki nama yang sama digunakan di tempat lain dalam program untuk tujuan yang berbeda.

Contoh bahasa pemrograman berbasis blok
Scratch
Scratch adalah bahasa pemrograman yang didesain untuk memperkenalkan konsep pemrograman komputer secara sederhana sehingga dapat dipahami oleh siapa saja dari berbagai latar belakang. Bahasa pemrograman ini juga bisa digunakan untuk anak-anak dimana mereka bisa membuat program tanpa harus mempelajari penulisan kode teks. Untuk membuat sebuah program, mereka cukup merangkai blok-blok penyusun program, yang tersedia di scratch. Bahasa pemrograman scratch dapat dipakai untuk membuat aplikasi permainan (game), animasi, dan program-program kreatif lainnya dan scartch juga dapat digunakan untuk mengendalikan robot.
Bahasa pemrograman Scratch menampilkan antar muka yang sangat sederhana dan mudah digunakan. Konsep pemrograman scratch divisualisasikan dalam bentuk blok-blok program seperti memasang sebuah puzzle. Scratch merupakan aplikasi open source yaitu program komputer yang dapat dipakai secara gratis tanpa harus membayar lisensinya. Kelebihan open source ini memberi kebebasan dalam penggunaan dan pengembangan program tersebut. Program ini dikembangkan oleh Grup TK di MIT Media Lab, dengan dukungan keuangan dari National Science Foundation, Microsoft, Intel Foundation, Yayasan MacArthur, Google, Iomega dan MIT Media Lab konsorsium penelitian.
Hasil gambar untuk scratch
Sumber :
http://appinventor.mit.edu/explore/start-first-time.html
https://play.google.com/store/apps/details?id=edu.mit.appinventor.ai2
https://ulfahputribisbapti.wordpress.com/2014/12/15/perangkat-lunak-aplikasi/
https://grizenzio.blogspot.co.id/2015/08/pengertian-visual-block-progamming-dan.html
http://id.netlog.com/santisaridewi/blog/blogid=142079
http://kuliahitsingkat.blogspot.co.id/2013/04/app-inventor.html
https://phinueisal.wordpress.com/2014/06/21/mengenal-software-alice-pemrograman-berbasis-objek-3d/
http://rumahpintar-kembar.com/2013/08/05/belajar-pemrograman-untuk-anak-menggunakan-scratch/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dasar Dasar Memulai Laravel

Bagi teman-teman yang hobbi programming website tentunya tidak akan canggung dengan nama Laravel. Namun bagi teman-teman yang baru memulai ...